Sinarmas Land Punya Pencakar Langit Tertinggi Kelima di Shanghai

156
Gedung Sinar Mas Center Tertinggi No 5 di Shanghai(skyscrapercenter.com/Thomas Jaehndel)

JAKARTA, KOMPAS.com – Sinarmas Center atau yang juga dikenal dengan nama White Magnolia Plaza dan North Bund Tower merupakan gedung pencakar langit milik Sinarmas Land yang berada di Shanghai, China. Konstruksi gedung pencakar langit tersebut dimulai pada awal tahun 2009 dan selesai terbangun pada 4 Januari 2017.

Gedung pencakar langit ini tepat di utara Bund, distrik bersejarah tepi sungai Shanghai yang juga berdekatan dengan terminal kapal pesiar internasional. Dalam proposal aslinya, Sinarmas Center rencananya dibangun dengan ketinggian 388 meter, namun untuk desain kedua diperkecil menjadi 260 meter. Akhirnya, untuk desain ketiga yang mana menjadi desain terakhir perencanaan gedung, Sinarmas Center diubah dengan finalisasi ketinggian mencapai 319,5 meter.

Sinarmas Center adalah kompleks yang dirancang sebagai kompleks serba guna dengan tiga menara lebih dari 100 meter. Menara 1, yang merupakan menara tertinggi merupakan gedung perkantoran yang dibangun dengan kerangka komposit. Selain itu, Sinarmas Center menggunakan kolom baja berbentuk tabung yang dibungkus beton untuk kerangka perimeter dan inti struktural beton. Pelat lantai yang membentang jarak antara perimeter dan inti kemudian dibingkai dengan balok baja yang memungkinkan ruang kerja bebas kolom.

Desain menara mengambil bentuk organik, dengan tapak kaki berbentuk bunga magnolia dan kemudian diekstrusi ke atas untuk seluruh ketinggian bangunan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sinarmas Land Punya Pencakar Langit Tertinggi Kelima di Shanghai”, https://properti.kompas.com/read/2019/12/17/163143121/sinarmas-land-punya-pencakar-langit-tertinggi-kelima-di-shanghai.
Penulis : Suhaiela Bahfein
Editor : Hilda B Alexander