8 Tempat Glamping di Bogor, Cocok untuk Libur Natal dan Tahun Baru

311
Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Libur Natal dan Tahun Baru sebentar lagi akan tiba. Jika kamu suka akan suasana alam dan tetap ingin nyaman selama berlibur, glamping dapat jadi pilihan. Bagi pencinta alam yang berdomisili di Jakarta, kawasan glamping yang paling dekat adalah Bogor. Dengan pemandangan gunung yang khas seperti Gunung Salak, Gunung Gede, dan Gunung Pangrango, wisatawan dapat menikmati tidur di alam bebas lewat kemah mewah atau glamping. Kompas.com merangkum beberapa tempat glamping yang ada di sekitaran Bogor, Jawa Barat. Ada baiknya jika ingin berlibur lakukan pemesanan dahulu, mengingat semua tempat glamping memiliki kapasitas yang terbatas. 

1. Forrester Glamping Co Bogor

Glamping pertama yang direkomendasikan Kompas.com ini terletak di kawasan Megamendung, Bogor. Forrester Glamping Co Bogor ini menawarkan fasilitas antar jemput dengan kendaraan 4WD, makan malam barbekyu, dan aktivitas api unggun. Wisatawan yang hobi dengan kegiatan alam akan diajak melihat pemandangan indah Gunung Salak secara langsung, trekking ke hutan, mengunjungi air terjun, dan berbagai kegiatan alam lainnya. Kamu juga bisa menikmati nonton film ditemani api unggun bersama teman-teman di glamping satu ini. Tempat ini cocok bagi tamu yang pencinta alam. Forrester Glamping Co Bogor membuka harga penginapannya dengan Rp 400.000 per orang per malamnya. Pada perayaan malam tahun baru 2020 nanti, pihak glamping akan mengadakan acara Pesta Alien. Tertarik mengikutinya? Siapkan uang Rp 650.000 untuk dewasa dan Rp 450.000 untuk anak-anak. Harga tersebut sudah termasuk akomodasi dua hari 1 malam, biaya antar jemput, makan malam plus snack, outdoor movie night, pesta kembang api, dan sarapan.

2. The Highland Park Resort Bogor

Glamping lain yang menawarkan pemandangan Gunung Salak adalah The Highland Park Resort Bogor. Lokasinya ada di Jalan Ciapus Curug Nangka, Tamansari, Kabupaten Bogor. Kamar-kamar di tempat ini dibentuk seperti kemah-kemah khas beberapa suku seperti Mongolia, dan Apache. Tipe-tipenya yaitu Apache Camps, Mongolian Camps, Standar Camp, Superior Camp, Tree House, Deluxe Camp, dan Superior Barrack. Tak hanya itu, pengelola glamping juga menyediakan berbagai fasilitas seperti ruang pertemuan, ballroom, outbound, berkuda, kemah edukasi, golf, kebun binatang mini, waterboom, dan lainnya. Tempat ini juga cocok untuk dijadikan acara seperti family gathering, outing kantor, rapat, dan pelatihan.

Highland Park Resort Bogor memiliki 85 kamar, dan 10 ruang rapat. Tempat ini juga memiliki beberapa wahana yang menghibur tamu atau wisatawan mulai dari flying fox, zip bike, high rope, dan low rope. Tertarik menginap dan merasakan berbagai petualangan di alam? Menurut situs Booking.com, harga kamar per malam berada di kisaran Rp 1.368.000 untuk 2 orang. Harga sewaktu-waktu dapat berubah Sementara untuk menyambut Natal, pihak glamping menaruh harga Rp 1,5 juta untuk tipe Apache, Rp 1,6 juta untuk tipe Mongolian Standard, dan Rp 1,8 juta untuk Mongolian Superior. Harga tersebut sudah termasuk sarapan, alacarte promo, tea time dan snack. Pemesanan bisa dilakukan mulai tanggal 1 hingga 23 Desember 2019.   Glamping ini menawarkan suasana alam khas kaki Gunung Salak.(Nicholas Ryan Aditya)

3. Leuweung Geledegan Ecolodge Bogor

Berlokasi di Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, glamping ini baru dibuka untuk umum pada 1 Desember 2019. Glamping yang berada di ketinggian 740 mdpl ini bernama Leuweung Geledegan Ecolodge (LGE) Bogor. Pihak glamping ingin mengajak wisatawan atau tamu yang menginap untuk menikmati nuansa alam di kaki Gunung Salak. Tak hanya itu, glamping ini juga ingin membawa pengalaman dan membangkitkan kenangan bagi setiap pengunjungnya. Selain menjadi penginapan, LGE juga terbuka untuk umum bagi siapa saja yang ingin menikmati berbagai wahana yang ada seperti kebun buah, taman bunga, permainan tradisional, dan spot instagrammable.

Leuweung Geledegan Ecolodge Glamping ini juga menyediakan kolam renang, dua restoran berkapasitas 50 hingga 100 orang, 5 ruang pertemuan, dan tempat outbound. Untuk liburan Natal dan Tahun Baru, pihak glamping akan menyediakan bioskop misbar atau gerimis bubar yang mana identik dengan nostalgia. Momen-momen menonton layar tancap itu akan dibangkitkan di glamping ini. Selain itu, akan ada aksi lawak dari pelawak Sunda, wayang golek, pedagang kaki lima makanan Sunda, dan pedagang mainan di LGE.

4.Glamping Gunung Pancar The Carpenter Outdoor

Glamping satu ini berlokasi di Sentul, Gunung Pancar, Kabupaten Bogor. Tamu atau wisatawan akan diajak serta merasakan pengalaman baru dan menikmati alam dengan cara berbeda. The Carpenter Outdoor memiliki keunikan seperti kemah sebenarnya, yaitu membawa bahan makanan sendiri dan dimasak bersama pada saat barbekyu. Selain itu, terdapat beberapa hal menarik lainnya yang dapat dinikmati tamu seperti membuat api unggun, menikmati air terjun yang jernih, dan permainan Glamping Fun. Adapun fasilitas yang tersedia seperti tenda dengan dua kasur besar berkapasitas 4 orang, fan atau kipas angin dalam tenda, tenda besar berukuran 8 orang, tenda dilapisi double layer untuk keamanan dari hujan, alat barbekyu, meja makan dengan aksesoris lampu gantung, ranger atau pemandu yang bersiap siaga, dan makanan. Wisatawan bisa memilih paket-paket yang tersedia di The Carpenter Outdoor seperti Glamping Standard yaitu termasuk tenda, kasur, bantal, meja, penerangan, dan listrik, lalu Glamping Fun mendapat tambahan 1 kali snack atau coffee break, fun games, fasilitator games, dan peralatan games.

 Khusus Glamping Tour mendapat tambahan pemandu dan tiket gratis masuk Curug. Bisa juga memilih Glamping Full Package atau kombinasi dari Glamping Fun dan Glamping Tour. Untuk biaya, mulai dari Glamping Standar dikenakan harga per orangnya Rp 355.000 dengan minimal peserta 4 orang, Glamping Fun RP 465.000 per orang dengan minimal 12 orang, Glamping Tour Rp 565.000 per orang dengan minimal 12 orang, dan Glamping Full Package Rp 620.000 per orang dengan minimal 12 orang.

5.Curug Nangka Green Glamping

Berlokasi sekitar 32 kilometer dari Jungleland Adventure Theme Park, glamping ini menawarkan akomodasi dengan balkon. Semua unitnya terdiri dari area tempat duduk sofa, ruang makan, dapur lengkap termasuk microwave, kulkas, oven, dan kompor. Untuk menambah kenyamanan pengunjung atau tamu, juga disediakan handuk dan sprei dengan biaya tambahan. Selain itu, kamu juga bisa memilih sarapan Asia dan halal yang tersedia setiap pagi di glamping ini. Fasilitas lain yang ada seperti kolam renang outdoor, bersantai di taman, atau trekking dapat dilakukan tamu atau wisatawan di sini. Hal yang tak kalah menarik adalah letak dari glamping yang dekat dengan obyek wisata Air Terjun Nangka yang hanya berjarak 90 meter. Kamu bisa bersenang-senang sembari menikmati tidur di alam bebas dengan menyiapkan uang Rp 550.000 per malamnya utnuk menginap di glamping ini.  

6. Herman Lantang Camping Ground

Siapa yang tidak kenal Herman Lantang? Sahabat karib almarhun Soe Hok Gie yang sama-sama pencinta alam ini mendirikan glamping di sekitaran Curug Nangka, Sukajadi, Tamansari, Kabupaten Bogor. Glamping ini memiliki berbagai fasilitas mulai dari tenda, trekking curug, kondisi alam yang bersahabat, hidangan makanan, pemandangan indah, hingga taman. Selain itu, pengunjung yang datang ke sini bisa mengobrol secara langsung dengan Herman Lantang. Pengunjung akan dapat banyak informasi darinya mulai dari nostalgia pengalaman, pencinta alam, jenis tumbuhan yang hidup di hutan, membuat minuman nikmat hingga pelajaran bahasa Belanda. Tak jauh dari sini juga terdapat tiga curug eksotis yang sayang bila dilewatkan, yaitu Curug Nangka, Curug Daun, dan Curug Kaung dengan ketinggian 20 hingga 30 meter. Tertarik menginap dan merasakan sensasi berbincang bersama legenda pencinta alam, Herman Lantang? Siapkan uang sebesar Rp 462.428 per malamnya jika ingin memesan lewat penjualan online Agoda.

7. Alang-Alang Nature Camp

Tempat menginap bergaya glamping ini didesain dengan pemandangan kota Bogor yang menggoda. Berlokasi di Kavling Auri, Desa Ciconggang, Kelurahan Sukaharja, Cijeruk, Bogor. Alang-alang sendiri diambil dari nama tumbuhan sejenis rerumputan yang banyak tumbuh di sekitar kaki Gunung Salak. Tanaman inilah yang dimanfaatkan pengelola glamping sebagai atap tenda yang terbuat dari bambu. Glamping ini memiliki daya tampung sampai dengan 80 orang. Selain itu ada 10 tenda alang-alang dan tambahan 10 tenda dome. Fasilitas yang ada di Alang-Alang Nature Camp yang bisa dinikmati tamu di antaranya alang-alang hall, kolam renang langsung dari mata air Gunung Salak, Cafe Alang-Alang, pemandangan Gunung Salak, pemandangan Kota Bogor bertabur bintang, fun games, dan mushola.

Pengunjung juga bisa datang ke Cafe Alang-Alang yang menyuguhkan beberapa menu seperti matcha green tea latte, wedang uwuh, cappucino, nasi goreng ijo alang-alang, mi rebus telor kornet, dan lainnya yang disajikan langsung oleh barista. Siapkan uang Rp 350.000 hingga Rp 450.000 jika tertarik menginap dan merasakan sensasi nuansa alam di glamping ini. Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

8. Glamping Gunung Geulis Bogor

Glamping ini bisa menjadi pilihan wisatawan yang ingin menikmati suasana alam di tengah-tengah Taman Nasional Gede-Pangrango dan Taman Nasional Halimun-Salak. Wisatawan juga dapat menikmati aktivitas trekking, sepeda, berenang, paint ball, arung jeram, dan aktivitas menarik lainnya. Sama seperti glamping sebelumnya, tempat ini juga menawarkan penginapan dengan tenda. Adapun pilihan tendanya yaitu tenda dome, tenda semi permanen dengan kamar mandi dan toilet dalam, serta pondokan permanen. Wisatawan dikenakan biaya Rp 285.000 per orang per malamnya untuk tipe Tenda Halimun dan tenda dome berkapasitas empat orang. Harga ini sudah termasuk tiga kali makan dan camilan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “8 Tempat Glamping di Bogor, Cocok untuk Libur Natal dan Tahun Baru”, https://travel.kompas.com/read/2019/12/12/170200227/8-tempat-glamping-di-bogor-cocok-untuk-libur-natal-dan-tahun-baru?page=all#page2.
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Silvita Agmasari